--> Skip to main content

Cara Membaca Kode Ban pada Kendaraan

Berkaca pada kecelakaan yang sering terjadi karena ban pecah, apakah itu kendaraan jenis mobil,  motor,  ataupun truk/bis. Maka kali ini saya, akan berbagi sedikit tentang cara membaca kode ban pada kendaraan. Iniadala tips sederhana jika kamu hendak membeli mobil atau motor dengan ban bekas ataupun baru.
kode ban


Begini sobat dumai, sebuah produk itu pasti memiliki tanggal produksi dan tanggal layak digunakan. Sama halnya dengan produk Ban Mobil atau ban motor pasti memiliki kode tahun produksi. Tetapi, banyak diantara masyarakat menyepelekan hal ini.

Padahal, mengetahui kode produksi suatu barang atau produk penting sekali manfaatnya. Selain mengetahui usia produk itu juga bisa diketahui apakah produk itu aman untuk digunakan. 

Pemilik MOBIL atau MOTOR Harus mengerti KODE produksi Ban kendaraan yang digunakan. 

kode ban kadaluarsa

Untuk mengetahui,  tentang bagaiamana cara membaca kode pada ban mobil/motor, berikut adalah Contoh yang tertulis di ban mobil dan bagaimana cara membacanya. 

*205/65/R15 94 H*

↳ *205* ⇨ Lebar BAN.
↳ *65* ⇨ Tinggi BAN.
↳ *R* ⇨ Ring
↳ *15* ⇨ Ukuran Ring.
↳ *94* ⇨ Max Beban.
↳ *H* ⇨ Max 210km/h.
↳ *S* ⇨ Max 180km/h.
↳ *T* ⇨ Max 190 km/h.
↳ *U* ⇨ Max 200km/h.
↳ *V* ⇨ Max 240km/h.
↳ *Z* ⇨ >240km/h
↳ *W* ⇨ 270km/h
↳ *Y* ⇨ 300km/h

Setiap BAN pasti memiliki 4 angka yang terlihat pada sisinya. Contoh : *2214*
Hal ini akan menunjukkan kode produksi atau keluaran ban baru dari pabrik pada minggu ke *22* pada tahun *2014*. 

Ini adalah poin pentingnya, dimana setiap produk pasti memiliki masa waktu idal penggunaannya. Sama halnya dengan BAN, Setiap BAN mempunyai tempo/waktu/masa penggunaan ideal. Standarnya adalah 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan atau diproduksi dari pabriknya. 

Selanjutnya, Jika kamu hendak membeli BAN baru maka pastikan tahun terkini produksinya biar kamu mendapatkan kualitas yang baik. 

Jika kamu membeli BAN dengan kode produksi tahun yang sudah lewat, maka kamu berhak untuk minta diskon dari daftar harga sesuai dengan ketentuan. Hitung hitung sebagai garansi ban. 

Misalnya sebuah toko Ban,  memberikan diskon pada BAN yang mereka jual. Contohnya ban yang dijual pada akhir tahun 2017, dan pada produk itu tertulis diskon berbeda tergantung tahun produksinya. 

Produk tertulis tahun :
2014 Potongan Disc 20%.
2013 Potongan Disc 40%.
2012 Potongan Disc 60%.
2011 ... Sebaiknya jangan dibeli, meskipun ditawari diskon 80%. 

Penjelasan tentang seputar Kode, Usia dan Ukuran BAN yang Aman.

ban mobil pecah
Ban motor atau mobil bila sudah lebih dari 5-6 tahun dari tanggal produksi,  biasanya kondisi karet ban sudah mulai keras sebab sudah termasuk kategori Expired ( kadaluarsa )akibatnya ban menjadi mudah pecah dan retak. meskipun belum pernah digunakan.

Maka dari itu, Sangat disarankan jangan membeli ban yang sudah jela-jelas bisa membahayakan jiwa anda dan keluarga nantinya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar